Enter your keyword

Kunjungan Menristek ke Observatorium Bosscha

Bagikan:

Bandung, fmipa.itb.ac.id – Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, M.S. pada Kamis, 30 Agustus 2012 mengunjungi Observatorium Bosscha FMIPA ITB di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Rombongan tiba sekitar pukul 15.00 dan disambut pimpinan FMIPA, Hadir pula dalam rombongan Deputi Bidang Sumber Daya Iptek, Prof. Freddy P. Zen yang juga staf pengajar di Fisika ITB. Rombongan disambut Kepala Observatorium Bosscha Dr. Mahasena Putra, Dekan FMIPA Prof. Dr. rer. nat. Umar Fauzi, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, serta beberapa dosen, staf dan mahasiswa Program Studi Astronomi.
Bertempat di ruang tengah Wisma Kerkhoven (yang juga merupakan Museum Astronomi), sesudah kata sambutan dari Wakil Rektor dan Dekan FMOPA, Menristek mendapatkan pemaparan sejarah pembangunan, struktur organisasi, fasilitas, publikasi, dan beberapa kerjasama riset dalam dan luar negeri yang disampaikan oleh Dr. Mahasena.
Sebagai intitusi pendidikan, Observatorium Bosscha juga tidak lepas dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain melaksanakan pendidikan dan penelitian, para dosen aktif memberikan kontribusi pada masyarakat, seperti pengamatan bersama Unawe (Universe Awareness) untuk anak-anak kurang beruntung di berbagai wilayah di Indonesia, pelatihan persiapan olimpiade astronomi internasional, pengamatan hilal penentuan Ramadhan secara real time, yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Agama, serta menerima kunjungan masyarakat ke Observatorium ini. Tercatat sekitar enam puluh ribu pengunjung diterima tiap tahunnya.
Kedepannya, Dr. Mahasena Putra menyampaikan cita-cita pembangunan Observatorium baru. Lokasi Bosscha sekarang ini memiliki curah hujan dan tingkat kelembaban cukup tinggi. Oleh karena itu, diperlukan lokasi lain yang lebih kering dengan curah hujan yang rendah. Daerah Nusa Tenggara telah dipilih, karena secara statistik, tingkat kekeringan dan curah hujan sangat mendukung untuk pengamatan.
Rombongan kemudian berkeliling melihat langsung berbagai fasilitas di Observatorium Bosscha. Pada hari menjelang malam, Rektor ITB, Prof. Dr. Ahmaloka tiba dan menemani rombongan untuk pengamatan malam dengan objek bulan. Meskipun langit saat itu berawan, antusiasme Menristek nampak tidak surut untuk mengamati bulan secara langsung dari Observatorium yang berada di belahan bumi bagian selatan ini. Kunjungan diakhiri santap malam bersama dan ramah tamah dengan segenap rombongan Kemenristek dan keluarga besar FMIPA ITB yang hadir. –ibr-

X