Enter your keyword

Orasi Ilmiah Guru Besar Fisika ITB, Prof. Dr.rer.nat., Bobby Eka Gunara, M.Si.

Orasi Ilmiah Guru Besar Fisika ITB, Prof. Dr.rer.nat., Bobby Eka Gunara, M.Si.

Bagikan:

BANDUNG, fmipa.itb.ac.id – Pada hari Jum’at, 29 Mei 2015, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah (BPI) ITB, Forum Guru Besar (FGB) ITB menyelenggarakan kegiatan Orasi Ilmiah Prof. Dr.rer.nat Bobby Eka Gunara, M.Si.  dengan judul “Geometri Kompleks: Dari Supersimetri Hingga Teori Unifikasi”. Acara dibuka oleh Ketua Majelis Guru Besar, Prof. Dr. Roos Akbar,  didampingi sekretaris FGB Prof. Dr. M. Salman A. N. yang membacakan curiculum vitae Profesor Dr.rer.nat Bobby Eka Gunara, M.Si. Hadir pada acara tersebut segenap Anggota Forum Guru Besar ITB, Dekan FMIPA Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, keluarga, dan tamu undangan serta staf pengajar di lingkungan FMIPA khususnya dari Program Studi Fisika dan Kelompok Keahlian Fisika Teori, Energi Tinggi, dan Instrumentasi. Acara berlangsung sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Sebagai yang merupakan bentuk pertanggungjawaban sebagai Guru Besar dalam bidang Fisika Teori, beliau menyampaikan definisi, istilah dan pengertian terkait Geometri Kompleks dan Supersimetri, serta secara ringkas menjelaskan tentang perkembangan “Geometri Kompleks: Dari Supersimetri Hingga Teori Unifikasi”. Orasi ilmiah ini juga berisi pencapaian beliau serta tantangan ke depan yang harus dilalui untuk memacu perkembangan bidang Geometri Kompleks di masa yang akan datang.

Di akhir orasi ilmiahnya, Profesor Dr.rer.nat Bobby Eka Gunara, M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Allah SWT, kepada rektor ITB, ketua, sekretaris dan  seluruh anggota Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung, Senat dan Prof. Umar Fauzi Dekan FMIPA ITB 2011-2015 yang telah mendorong, memberi semangat dan sekaligus mempromosikan untuk memperoleh jabatan Guru Besar. Ucapan terima kasih dan penghargaan disampaikan kepada para guru TK Yastika, SDN 04 Pagi, SMPN 6, SMAN 59 Jakarta Timur. Ucapan terima kasih juga kepada para pembimbing program S1, S2 (Prof. Freddy Permana Zen D.Sc.) dan S3 (Prof. Jan Louis), rekan-rekan staf dan pimpinan di prodi Fisika, Prof. Triyanta, Prof. M. Salman, Prof. Terry Mart, dan Prof. Kamsul Abraha yang memberikan rekomendasi atas pengajuan guru besar, tak lupa kepada dosen dan karyawan FMIPA yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan, khususnya Pak Sudiono yang telah banyak membantu beliau dalam proses kenaikan pangkat. Terima kasih disampaikan kepada keluarga beliau Ivan Dwika Nugraha, Agustina Damayanti, Fuji Laksanawati, dan keluarga besar Hadiwijaya atas dukungan dan perhatiannya. Terakhir  terima kasih yang tak terhingga untuk Orang tua, Istri beliau Sri Nurhayati, anak-anak beliau Hanun Rahmi Hanifah, Hasna Rahmi Azzahra, dan Hanan Rahmi Fathinah, yang telah menjadi pendamping dan motivasi bagi Prof. Dr.rer.nat, Bobby Eka Gunara, M.Si.

Semoga orasi ilmiah ini dapat memberikan manfaat untuk kemajuan ilmu pengatahuan dan memicu peningkatan kualitas hidup pada masa yang akan datang.(fh).

BB02BB03BB06BB04BB07BB08

X