Posted Maret 14, 2017 by adminfmipawp in Home

The Nobel Lecture: Dr. Peter Agre (Nobel Laureate for Chemistry 2003)

peter Agre

Bandung, fmipa.itb.ac.id  – Peraih Nobel Bidang Kimia tahun 2003, Dr. Peter Agre akan memberikan kuliah umum yang akan diselanggarakan pada hari Rabu, 22 Maret 2017, mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Topik kuliah umum yang akan disampaikan mengenai “Aquaporin  Water Channels”. Kuliah ini terbuka untuk umum, bagi yang tertarik dengan kuliah ini dapat melakukan registrasi dan pendaftaran pada alamat ini : nobel-lecture.itb.ac.id. Berikut adalah abstrak singkat kuliah umum tersebut.

Peter Agre Peter Agre adalah seorang profesor dalam bidang Biological Chemistry  dan sekaligus profesor dalam bidang kedokteran (Medicine) di  Johns Hopkins University School of Medicine serta sebagai Direktur Johns Hopkins Malaria  Research Institute pada Bloomberg School of Public Health di Baltimore. Beliau dianugerahi Hadiah Nobel tahun 2003 dalam bidang Kimia untuk karyanya yang monumental tentang aquaporins – saluran-saluran dalam membrane sel (channels in cell membranes). Penghargaan ini menggambarkan bagaimana biokimia modern mencapai sampai ke tingkat atom dalam pencariannya untuk memahami proses dasar kehidupan.

Bahwa sel-sel tubuh harus berisi saluran khusus untuk mengangkut air telah diduga sejak pertengahan abad ke-19. Namun, hal ini dibuktikan oleh Profesor Agre yang berhasil mengisolasi protein membran yang ia ketahui sebagai saluran air dari dan ke sel-sel tersebut. Penemuan ini membuka pintu untuk seluruh rangkaian kajian penting dalam biokimia, fisiologis dan genetik dalam memahami banyak penyakit misalnya ginjal, jantung, otot, sistem saraf, mata dan kelenjar sekretori. Ketertarikannya yang kuat terhadap permasalahan dalam penyakit di negara-negara berkembang telah membuahkan banyak hasil.

Untuk karyanya pada aquaporins Dr. Agre berbagi Penghargaan Nobel dengan Prof. Roderick MacKinnon dari Rockefeller University, dan ia kemudian dianugerahi hibah JHMRI untuk melanjutkan penelitiannya tentang aquaporins untuk malaria, yang mengkaji kemungkinan pemanfaatan aquaporins sebagai sarana pengobatan atau pencegahan penyakit. Hasil yang diperoleh sangat menggembirakan dan kemudian difokuskan pada malaria sebagai daerah utama penelitiannya. Dia pernah menjabat sebagai President of the American Association for the Advancement of Science. Saat ini menjadi anggota Dewan Penasehat dari International Peace Foundation, dan telah menerima l7 honorary doctorate degrees dari universitas di Denmark, Yunani, Hungaria, Japan, Mexico, Norwegia, Polandia dan Amerika (University of North Carolina at Chapel Hill) serta penghargaan “the Commandership in the Royal Norwegian Order of Merit” dari HM King Harald V. [RZ]